Jumat, 14 April 2017

Matrix Scatterplot Data Kategori


Assalamualaikum Wr. Wb.
Kali ini saya ingin sedikit berbagi (sekalian menepati janji pada diri aku sendiri). Pada kesempatan kali ini aku mau membahas tentang Matrix Scatterplot. Scatterplot atau diagram pencar digunakan untuk melihat suatu pola hubungan antara 2 variabel, dan biasanya skala datanya berupa skala interval dan rasio.
Dalam masalah ini, terdapat 3 variabel yang digunakan. Dimana 1 variabel berupa numerik, dan 2 variabel lainnya merupakan data kategori dan di dalamnya terdapat kategori lagi yaitu kategori 0-1. Sehingga dengan demikian, bagaimana sih caranya membuat scatterplot dari data yang seperti itu?
Dengan menggunakan software Ri386 3.3.3, pertama sekali, saya meng-instal “Packages”
> install.packages ("psych")

Kemudian untuk menjalankan data, perlu dijalankan terlebih dahulu “psych”.
> library (psych)

Setelah itu, saya menggunakan data yang sudah tersimpan dalam Microsoft excel dengan format .csv
> data<-read.csv(file.choose(), TRUE)

Setelah itu, dibuat Matrix Scatterplot
> pairs.panels (data, ellipses=FALSE, smooth=FALSE, lm=TRUE, col="cyan", pch=20, cex.cor= 2, hist.col="green", main= "Scatterplot of The Data")

Kemudian akan muncul output seperti gambar di bawah ini.

 

Setelah itu, di interpretasikan sesuai dengan output hasilnya. Semoga tulisan ini bermanfaat, dan dalam tulisan ini masih memerlukan perbaikan-perbaikan lainnya.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda